Apa Itu Annual Report? Bagaimana Tahapan Pembuatannya?

Apa Itu Annual Report

Apa itu annual report? Annual report atau laporan tahunan merupakan laporan yang merinci yang berisi kegiatan perusahaan pada tahun sebelumnya, juga dikenal sebagai ikhtisar keuangan kegiatan perusahaan selama setahun penuh serta analisis direksi kepemimpinan tentang posisi keuangan perusahaan saat ini dan rencana masa depan. 

Laporan ini disiapkan pada akhir tahun keuangan bagi pengguna eksternal untuk mendapatkan informasi keuangan tentang pekerjaan internal perusahaan dan rencana pengelolaan masa depan. Tujuannya yaitu untuk memberikan informasi kepada pengguna, seperti pemegang saham atau investor potensial, tentang operasi perusahaan dan kinerja keuangan. 

Laporan tahunan dapat bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lain, tetapi sebagian besar laporan tahunan memiliki beberapa bagian utama yang sama. Sebagian besar yurisdiksi Indonesia, terutama perusahaan milik negara, mewajibkan perusahaan untuk menyiapkan dan menerbitkan laporan tahunan. 

Perusahaan yang terdaftar juga diwajibkan untuk melapor pada interval yang lebih sering (tergantung pada aturan bursa yang terlibat). Setelah menyelesaikan laporan tahunan, perusahaan mendistribusikannya ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 

Laporan tahunan biasanya diterbitkan bersamaan dengan laporan keberlanjutan atau bisa juga disebut dengan sustainability report. Namun, tidak hanya investor yang dapat membaca isi laporan tahunan, tetapi juga masyarakat dan pemangku kepentingan.

Fungsi Annual Report

Berikut adalah 4 fungsi utama laporan tahunan yang perlu diperhatikan oleh pemilik usaha agar mampu menyusun dan memanfaatkannya secara maksimal untuk menarik investor atau kreditur untuk berinvestasi atau memberikan pinjaman kepada usaha. 

Untuk pengguna eksternal yang ingin melihat konten detail tentang posisi keuangan perusahaan. Setiap perusahaan biasanya sering menyajikannya dengan cara yang lebih menarik dan komunikatif daripada laporan keuangan yang mudah dipahami.

Rangkum sepenuhnya semua operasi sehingga mitra eksternal dapat menilai dengan lebih baik nilai efektif investasi dalam bisnis yang ingin mereka investasikan.

Mengkomunikasikan kepada publik inovasi dan proyek yang ingin dilakukan perusahaan di masa depan.

Sebagai sarana untuk mengungkapkan kepada pihak luar informasi detail yang ada dalam suatu perusahaan.

Tahapan Dalam Membuat Annual Report

1. Membuat Profil Perusahaan

Profil perusahaan merupakan item pertama yang harus disiapkan saat menyiapkan laporan tahunan. Setelah profil dibuat, manajemen dapat menambahkan ide-ide kreatif untuk membuat laporan tahunan lebih menarik. Sasaran lain dari ide kreatif yaitu laporan tahunan yang banyak dan mudah dibaca.

2. Memperbarui Data, Teknis Penulisan, dan Tampilan

Jika dalam satu tahun terjadi pergantian direktur atau tim manajemen, laporan tahunan harus secara jelas menyebutkan alasan pergantian direktur, siapa yang diganti dan siapa yang diganti. Saat itu, untuk penulisan laporan tahunan perlu dilakukan penyesuaian lebih kurang isi laporan tahunan. Jika ingin menampilkan terlalu banyak data, sebaiknya sajikan dalam bentuk infografis. Tapi kalau terlalu sedikit, lebih baik menulis panjang.

3. Copywriting Menentukan Kualitas Annual Report

Laporan tahunan yang disajikan dalam berbagai bahasa harus memperhatikan detail penyusunannya. Tujuannya agar tidak ada misinformasi di mata investor. Artikel yang bagus memudahkan audiens eksternal untuk membaca laporan tahunan. Sebelum mencetak laporan tahunan, harus dicek dengan teliti agar tidak ada misinformasi atau salah ketik yang dapat merusak citra perusahaan.

4. Membuat Dummy Sebelum Dicetak Massal

Sebelum mencetak massal, Anda harus mencetak satu atau dua laporan tahunan. Tujuannya agar pola dan warna sudah didesain sesuai dengan yang sudah dicetak. Setelah membuat sampel, harap periksa kembali informasi yang tertulis untuk memastikan tidak ada kesalahan saat mencetak dalam jumlah besar.

5. Pastikan Distribusi Annual Report Berjalan Baik

Setelah proses pencetakan massal selesai, laporan tahunan perusahaan Anda mungkin mengandung kesalahan kecil. Memastikan bahwa setiap annual report yang disampaikan dalam keadaan baik, bebas dari kerusakan, cacat, dll. Kemudian perusahaan bisa mengirimkannya menggunakan ekspedisi terpercaya ke investor.

0 Response to "Apa Itu Annual Report? Bagaimana Tahapan Pembuatannya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel