4 Tips Menjadi Orang Tua Ideal Layaknya Teman untuk Buah Hati

Tips Menjadi Orang Tua Ideal Layaknya Teman untuk Buah Hati

Membangun kedekatan dengan anak merupakan dambaan setiap orang tua. Hal ini tentu bisa menciptakan hubungan harmonis antara orang tua dan anak. Hal ini bisa dilakukan dengan menempatkan orang tua sebagai sahabat bagi anak. Adapun tips menjadi orang tua ideal yang supaya bisa menjadi sahabat untuk anak sebagai berikut.

1. Berikan Privasi untuk Anak

Seiring dengan pertambahan usia anak, mereka cenderung mempunyai kehidupan sendiri serta tidak mau dicampuri oleh orang tua. Kamu perlu untuk menyadari bahwa mereka mulai mempunyai rahasia sendiri. 

Jika kamu ingin menjadi sahabat untuk buah hati, maka langkah yang bisa dilakukan yaitu menghargai privasi mereka. Sehingga, mereka tidak akan merasa sosok kamu sebagai pengganggu. Meskipun rasa penasaran tetap ada, hindari untuk bertanya terlalu banyak mengenai kegiatan anak. Kamu bisa cukup hanya dengan memberikan keyakinan bahwa kamu percaya mereka tidak akan melakukan hal yang tidak baik.

2. Ceritakan Aktivitas Kamu pada Anak

Secara umum, obrolan di antara orang tua dan anak seputar aktivitas harian anak-anak. Namun, jika hal ini terlalu sering untuk dilakukan, maka anak justru merasa hidupnya selalu diinterogasi. Langkah tepat untuk menghindari hal ini yaitu dengan mengubah topik pembicaraan mengenai aktivitas harian kamu. 

Ceritakan apa yang kamu lakukan selama di tempat kerja dan berbagai tantangan yang dihadapi. Dengan bercerita tentang kehidupan kamu, maka anak akan merasa sebagai sahabat. Tindakan ini bisa dilakukan demi menjalin kedekatan dengan anak.

3. Selalu Biasakan Melakukan Diskusi secara Dua Arah

Menetapkan jam malam bagi anak merupakan hal yang sering terjadi. Supaya anak menjadi disiplin, namun sebagai orang tua tetap menjadi sahabat anak, susunlah aturan bersama dengan cara diskusi. Aturan yang telah ditetapkan sebaiknya merupakan kesepakatan antara anak dan kamu. Ajak anak untuk berdiskusi secara dua arah untuk menetapkan aturan tadi.

4. Dengarkan Anak ketika Memiliki Masalah

Menjadi orang tua menjadikan kamu dituntut untuk menjadi lebih peka dengan perilaku dan ekspresi anak yang tidak biasa. Jika kamu merasakan anak sedang mempunyai masalah, coba buka ruang diskusi dengan buah hati.

Demikian empat tips menjadi orang tua ideal yang bisa kamu terapkan kepada buah hati. Dengan menjadikan anak sebagai sahabat, maka mereka akan merasa nyaman. Sehingga, kedekatan dengan anak semakin kuat.

0 Response to "4 Tips Menjadi Orang Tua Ideal Layaknya Teman untuk Buah Hati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel