Mendidik Anak dengan Parenting Islami

Mendidik Anak dengan Parenting Islami

Anak adalah amanat untuk orangtua. Itulah kenapa orangtua harus mendidiknya dengan baik agar menjadi pribadi yang berbakti, bertanggung jawab, dan taat pada agama. Di sini, kita akan fokus membahas parenting islami yang mengedepankan pola asuh untuk mengikuti aturan agama Islam sesuai tuntunan Al Qur’an dan hadis.

Pengertian dan Tujuan Parenting Islami

Ini merupakan pola mengasuh anak dalam proses tumbuh kembang yang sesuai ajaran islam, berdasarkan Al-Qur’an & sunnah Nabi. Tujuannya agar anak berakhlak sesuai ajaran agama Islam, berkarakter mulia, serta menjadi generasi yang berkualitas.

Cara Menerapkan Parenting Islami

Untuk memupuk akidah Islam dalam diri si kecil, ada beberapa hal yang harus diterapkan oleh orangtua dalam mendidik sang buah hati. Pertama, orangtua harus bisa menanamkan iman sedini mungkin agar anak benar-benar cinta pada Allah & rasulnya, takut berbuat dosa, dan suka berbuat amal baik.

Setelah itu, jangan lupa tanamkan rasa hormat pada Al-Qur’an. Selain mengahari membaca Al-Quran, orangtua juga harus mengajari etika dalam membacanya mulai dari membaca ta’awudz & basamalah sebelum membaca Al-Qur’an, memuliakan mushaf Al-Quran, dan memperdengarkan lantunan ayat-ayat suci.

Kemudian, orangtua juga harus mengajarkan dzikir dan etika terhadap Nabi Muhammad SAW. Dengan mengajarkan dzikir dan sholawat, nalurinya Islaminya akan semakin tertanam pada hati si kecil.

Meski masih kecil, anak harus diajari Sholat dan menerapkan disiplin Sholat sejak dini. Cara paling mudah adalah mengajaknya untuk sholat berjamaah tepat waktu. Dengan begitu, anak akan terbiasa sholat tepat waktu tanpa paksaan.

Sikap menghormati & menghargai orangtua juga harus ditanamkan pada anak. Namun, jangan menjadi orangtua yang otoriter. Kalian bisa mendidiknya dengan cara yang lebih halus. Pasalnya, orangtua akan menjadi teladan anak-anaknya.

Sebenarnya, masih banyak lagi tips untuk membesarkan dan mendidik anak dengan prinsip parenting islami. Misalnya, orangtua harus mengajarkan sifat Amanah ke anak, mengajarinya untuk belajar sabar, menumbuhkan semangat & pantang menyerah, memupuk rasa percaya diri pada anak.

0 Response to "Mendidik Anak dengan Parenting Islami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel