Bagian Spare Part AC yang Penting Untuk Menjaga Keawetan AC

Spare Part AC Daikin

Sebuah penyejuk udara atau air conditioner (air conditioner) dapat bekerja dengan baik jika semua komponen atau spare part AC juga dalam kondisi baik. Jika salah satu komponen mengalami kerusakan maka fungsi AC akan berkurang atau tidak akan bekerja sama sekali. Untuk merawat AC dengan benar, disarankan untuk mengetahui bagian-bagian dan penggunaan AC.

Jenis-jenis dan Fungsi Sparepart AC

1. Komponen Utama

Bagian komponen utama AC adalah bagian yang berfungsi untuk mendinginkan udara, dan jika rusak maka AC tidak akan berfungsi dengan baik. Komponen utama tersebut terdiri dari:

- Kondensor merupakan alat yang menukar panas, mengubah bentuk zat pendingin dari gas menjadi cair, dan menurunkan suhu zat pendingin.

- Kompresor yaitu komponen sistem pendingin udara yang berfungsi sebagai pusat sirkulasi zat pendingin, yang memompa dan mengedarkan zat pendingin ke seluruh AC dan menciptakan dua zona tekanan yang berbeda untuk memungkinkan pendinginan udara. 

- Pipa kapiler yaitu suku cadang sistem pendingin udara untuk menurunkan tekanan refrigeran, mengalirkan refrigeran ke evaporator dan menghubungkan zona bertekanan tinggi ke zona bertekanan rendah.

- Evaporator yaitu bagian dari AC yang memindahkan dan menyerap panas dari udara ke ruang refrigeran, yaitu komponen penukar panas.

2. Komponen Pendukung

Sesuai dengan namanya, suku cadang AC yang termasuk dalam golongan ini memiliki fungsi mendukung pengoperasian komponen utama AC agar AC dapat berfungsi dengan baik. Berikut ini adalah jenis dan fungsi dari bagian pendukung AC.

- Baterai berfungsi untuk menyimpan sementara refrigeran cair bersuhu rendah dan mempertahankan campuran pelumas evaporator. 

- Filter berfungsi untuk menyaring kotoran dalam refrigeran.

- Blower/Fan bertujuan untuk mensirkulasikan udara ruangan melalui evaporator.

- Pelumas kompresor bertujuan untuk melumasi bagian kompresor dan cairan pendingin kompresor yang saling bergesekan untuk mencegah keausan.

3. Komponen Kelistrikan

Karena mesin AC menggunakan listrik untuk beroperasi, ada juga komponen listrik yang terdiri dari kontrol PCB, termistor, kelebihan beban, kapasitor dan mode listrik.

4. Refrigeran atau Pendingin

Mesin AC biasanya telah dilengkapi dengan pendingin berupa zat yang mudah berubah bentuk dari gas menjadi cair atau sebaliknya. Refrigeran berfungsi untuk menyerap panas dari udara ruangan dan mendinginkan udara setelah melalui proses tertentu di dalam AC.

Penyebab Kerusakan Komponen AC

AC juga dapat mengalami kerusakan atau penurunan fungsi, sama halnya seperti alat elektronik pada umumnya.  Kerusakan ini terjadi pada komponen atau suku cadang AC yang bisa disebabkan oleh beberapa hal yang jarang diperhatikan bahkan dianggap sepele. 

1. AC Jarang Dibersihkan

Jika Anda jarang membersihkan AC, debu dan kotoran dapat menumpuk di dalam AC dan menyumbat saluran pembuangan. Akibatnya, air akan keluar dari lubang lain yang ada pada AC yang kemudian menyebabkan kebocoran. Selain itu, jamur dapat terbentuk di AC, membuat udara menjadi tidak sehat untuk dihirup.

2. Kebocoran Freon

Kebocoran freon dapat disebabkan oleh saluran yang tersumbat, sambungan pipa yang longgar, atau kondensor yang bersangkutan, yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan udara dingin. Indikator kebocoran Freon yaitu adanya bekas oli di lokasi kebocoran.

3. Pemasangan AC yang Tidak Tepat

Pemasangan yang tidak tepat juga dapat menjadi peyebab kebocoran. Cara pemasangan AC yang benar yaitu dengan memiringkannya sedikit ke belakang sehingga menghadap ke luar membuat air mengalir di sepanjang saluran pembuangan. 

Penyebab kerusakan AC di atas memang cukup umum dan dapat dihindari. Namun, jika ada komponen yang sudah rusak, maka harus segera diganti dengan yang baru. Untuk pilihan AC rumah atau kantor yang tahan lama, Anda mungkin bisa melirik Daikin Indonesia yang memang telah menjadi pilihan masyarakat dalam mendinginkan suhu ruangan.

0 Response to "Bagian Spare Part AC yang Penting Untuk Menjaga Keawetan AC"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel