5 Cara Diet untuk Ibu Hamil yang Aman dan Menyehatkan

Diet untuk Ibu Hamil

Seorang wanita ketika tengah hamil memerlukan berbagai persiapan agar kesehatan ibu terjaga termasuk diet dan menjaga pola makan. Diet bukan berarti harus mengurangi makan tetapi harus menjaga bagaimana asupan nutrisi yang masuk bagi tubuh! Berikut ini beberapa cara diet untuk ibu hamil supaya ibu dan janin terjaga kesehatannya.

1. Kurangi Asupan Kalori

Hal pertama yang harus diikuti adalah mengurangi asupan kalori yang masuk pada tubuh kecuali kalori dari protein penambah otot. Konsumsi kalori berlebihan bisa memicu pada diabetes yang akan membuat tubuh terasa lebih lelah dibanding biasanya. Asupan kalori juga berpotensi menambah berat badan yang berlebihan hingga sang ibu memiliki resiko penyakit lebih tinggi.

2. Perhatikan Porsi dan Gizi

Saat hamil, perempuan cenderung kurang memperhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi dan masuk dalam perut. Umumnya wanita hamil mengalami penggemukan karena pola makan yang salah dan tidak menghitung jumlah kalori di dalamnya. Cobalah berkonsultasi dengan dokter mengingat setiap fase kehamilan sejalan dengan diet untuk ibu hamil yang berbeda pula.

3. Perbanyak Sayur dan Buah

Sayur serta buah adalah makanan pokok yang harus tetap ada di dalam setiap porsi makan seorang ibu hamil. Buah dan sayur punya kandungan nutrisi tinggi yang cocok untuk perkembangan otak janin di rahim. Keduanya juga bisa menjadi asupan utama dimana sang ibu menerima asupan vitamin serta mineral yang baik bagi kandungan.

4. Olahraga Kecil

Ibu hamil bukan berarti harus menghentikan pekerjaannya dan berfokus pada menjaga kehamilan saja. Olahraga adalah kegiatan yang sangat penting bagi ibu hamil tetapi tidak boleh berlebihan seperti push up atau sit up. 

5. Minum Air Putih

Air menjadi hal dasar yang membuat kondisi tubuh ibu menjadi lebih stabil dan seimbang selama mengandung. Ibu hamil direkomendasikan untuk menambah asupan air yang masuk, sebaiknya setiap harinya mengkonsumsi 1,5 liter air putih.

Itulah dia beberapa cara dan panduan untuk melakukan diet untuk ibu hamil supaya janin bisa kehamilan ibu tidak berisiko tinggi. Ibu yang tidak menjaga berat badan nantinya akan berhadapan dengan masalah kesehatan bahkan berpotensi mengganggu janin.

0 Response to "5 Cara Diet untuk Ibu Hamil yang Aman dan Menyehatkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel