Pengobatan dan Pencegahan yang Tepat untuk Impetigo

Impetigo adalah sebuah penyakit infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri pada kulit yang sedang terluka. Penyakit ini sangat mudah menular. Impetigo lebih sering menyerang bayi dan anak-anak, meskipun ada beberapa kasus yang menyerang orang dewasa. Ketika terkena penyakit ini, kulit bayi melepuh dan akan terasa perih.

Pengobatan dan Pencegahan yang Tepat untuk Impetigo

Mengobati Impetigo

Untuk menangani impetigo, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan langsung membawa ke dokter spesialis kulit. Jika Anda tidak sempat membawa anak ke dokter, berikan salep antibiotik ke daerah yang terinfeksi. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan antibiotik konsumsi jika tidak memungkinkan menggunakan salep atau krim.

Yang perlu diingat adalah ketika menggunakan antibiotik, maka antibiotik tersebut harus habis. Hal ini untuk mencegah luka kembali kambuh dan juga pengebalan bakteri terhadap antibiotik.

Pengobatan Impetigo di Rumah

1. Jangan disentuh dan digaruk
Hal utama yang benar-benar harus dipatuhi adalah jangan sekali-kali menyentuh atau menggaruk kulit yang sedang terkena impetigo. Ini bertujuan untuk meminimalkan penyebaran penyakit ke daerah lain. Impetigo sangat mudah untuk ditularkan, bukan hanya antar manusia namun juga antar bagian tubuh.

2. Menjaga barang pribadi
Beberapa barang pribadi yang wajib diwaspadai adalah baju, handuk, dan tempat makan. Berikan anak barang pribadi khusus dan jangan biarkan mereka meminjam atau meminjamkan barang pribadi tersebut. Hal ini bisa mengurangi risiko penyebaran penyakit impetigo dari anak lain dan juga mencegah penularan kepada anak lainnya.

3. Menjaga kulit yang terkena luka
Kulit yang sedang terluka merupakan lahan yang sangat empuk bagi bakteri penyebab impetigo. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan kulit ketika sedang luka. Anda bisa memberikan cairan antiseptik dan menutup luka dengan perban agar bakteri penyebab impetigo tidak segera menyerang.

4. Membersihkan tangan setelah melakukan perawatan
Setelah menangani kulit yang sedang terluka, jangan lupa untuk membersihkan tangan dengan cairan antiseptik. Hal ini bertujuan agar Anda tidak menjadi penyalur bakteri penyebab impetigo. Setelah mencuci tangan, lap tangan dengan handuk atau keringkan dengan mesin pengering agar tidak terlalu lembab.

5. Mencuci barang setelah digunakan
Hal terakhir yang harus dilakukan adalah mencuci barang-barang setelah digunakan. Barang-barang tersebut antara lain seprai, handuk, baju, dan peralatan makan. Saat membersihkan benda tersebut, akan lebih baik jika Anda menggunakan sarung tangan steril. Jika tidak, selalu cuci tangan Anda dengan sabun antibakteri setelah selesai mencuci.

Cara untuk mengatasi impetigo di atas bisa Anda coba. Akan tetapi, tetap alangkah lebih baik jika penderita langsung di bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengobatan dan Pencegahan yang Tepat untuk Impetigo"

Post a Comment