Anak Masih Pemula saat Ikut Les Gambar, Ajarkan Teknik Pensil Dulu

Menggunakan cat lukis adalah salah satu teknik yang digunakan saat menggambar. Namun, saat bergabung dengan les anak dan ternyata anak Anda masih pemula, ada baiknya Anda memperkenalkannya dengan teknik pensil dulu. Selain memiliki nilai yang unik, ini juga bagus untuk tahap anak dalam menggambar. Bagaimana caranya?

Les Gambar Pemula

1. Pilih Pensil yang Tepat
Hal pertama yang harus dilakukan ketika menggunakan pensil saat menggambar adalah mencari pensil yang tepat. Setiap merek pensil memiliki standarnya masing-masing dan akan lebih baik bila Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan buah hati Anda. Ada baiknya, pilihlah peralatan gambar yang semuanya berasal dari satu merek sehingga standarnya sama.

2. Menerapkan Teknik Outline
Teknik outline dalam menggambar mengunakan pensil biasanya diawali dengan membuat sebuah outline atau garis rancangan mengenai objek yang akan digambar. Anda bisa mengajarkan anak menggunakan pensil yang lebih keras untuk membuat garis ringan dan membuat garis cahaya.

Lakukan gerakan mengarsir dengan halus dan hanya menghasilkan sedikit tekanan dan tarikan. Garis cahaya akan terlihat tidak begitu jelas dan sebenarnya memang begitulah adanya. Seringkali, garis ini akan dihilangkan saat fnishing nanti. Selanjutnya, mulailah dengan halus dan tambahkan tekanan sehingga garis yang sudah terbentuk jadi lebih jelas.

Namun, pastikan Anda mengajarkannya dengan hati-hati agar garis masih bisa dihapus jika dibutuhkan dan nantinya tak akan meninggalkan bekas pada kertas. Jangan lupa, minta anak memperhatikan karakter yang ingin diciptakan berdasarkan ketebalannya. Anda dapat pakai sisi pensil untuk membuat garis tebal yang memungkinkan hasil gambar lebih baik.

3. Teknik Crosshatching
Setelah tahu bagaimana menerapkan teknik outline, sebelum melakukannya di les gambar, tak ada salahnya Anda juga mengajarkan anak teknik crosshatching. Teknik yang satu ini melakukan penggarisan silang dengan memakai garis-garis kecil yang ditarik berdekatan. Teknik ini digunakan untuk membuat tahap awal efek bayangan objek.

Anda bisa mengajarkan anak menarik garis dalam satu arah mengikuti bentuk objek sehingga objek bisa dikenali dengan baik. Anda juga bisa menggunakan teknik ini untuk menghasilkan tampilan yang lebih realistis. Sebab, hal ini akan memberikan kesan yang lebih baik, realistis, dekat dan juga mendalam pada gambar Anda.

4. Teknik Melingkar
Teknik menggunakan pensil selanjutnya yang bisa Anda ajarkan pada anak adalah teknik melingkar. Teknik ini disebut juga dengan teknik circular. Teknik ini menciptakan tekstur yang kontras dengan membuat lingkaran dan coretan besar. Anda dapat mengajari anak membuat satu lingkaran kecil lebih dulu dengan menggerakkan pensil berputar-putar.

Perpaduan ini akan menciptakan efek gelap terang yang lebih nyata. Teknik ini pada umumnya digunakan untuk menciptakan tekstur kulit dan bila Anda mengajarkan anak membuat bayangan pada objek, teknik ini juga bisa digunakan namun dengan membuat bayangan pada potret menggunakan lingkaran yang lebih bervariasi.

Namun, bila Anda mengajarkan anak membuat bayangan pada objek potret padat dengan nilai yang berserasi, maka caranya bisa menggunakan lingkarang yang kecil-kecil. Hasil gambarnya akan membuat karya yang berbaur dengan lingkaran yang sudah anak Anda buat sebelumnya.

Memang terdengar repot ketika belajar menggunakan teknik pensil ini. Namun ketika Anda memasukkan buah hati pada les anak khusus menggambar, anak pasti akan mempelajarinya. Kalau Anda bisa mencobanya, tak ada salahnya ajarkan juga pada anak sehingga anak akan lebih mudah paham. Kalau cari tempat les terbaik, Anda bisa pilih ESDA sebagai pilihan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Anak Masih Pemula saat Ikut Les Gambar, Ajarkan Teknik Pensil Dulu"

Post a Comment