Alergi Anak, Kenali Penyebab, Gejala dan Obatnya Sekarang Juga!

Alergi merupakan sesuatu yang sering terjadi kepada anak-anak hingga orang dewasa, karena itulah alergi menjadi hal yang harus diperhatikan. alergi pada anak menjadi momok tersendiri, karena anak-anak belum memiliki kekebalan tubuh yang bagus, karena itulah dibutuhkan pencegahan agar tidak terjadi alergi anak.

Alergi anak ternyata tidak sesimple itu, karena hal tersebut bisa menyebabkan terganggunya perkembangan dan pertumbuhan mereka. Tanda-tanda alergi pada anak sebenarnya sudah bisa dilihat sejak mereka dilahirkan, sehingga alergi bisa dicegah sejak dini.

Penyebab dan gejala alergi pada anak

Untuk mencegahnya, kita harus tahu dulu anak tersebut memiliki alergi apa saja, jadi Yuk langsung saja kita kenali dulu penyebab Alergi pada Anak berikut ini:

1. Makanan
Makanan adalah penyebab alergi anak dan bayi yang paling banyak ditemukan, sedangkan pada orang dewasa, pengaruh makanan makin berkurang. Contoh:

Kacang
Telur
Susu
Produk olahan susu misalnya keju, yogurt dan lain-lain

2. Bukan Makanan
Alergi yang biasanya disebabkan oleh faktor yang bukan makanan biasanya adalah sebagai berikut:

Hirupan seperti debu, serbuk sari bunga tanaman hingga bulu binatang.
Kontak, misalnya sabun, bahan kimia hingga logam.
Kecoa.
Tungau pada kasur, kapuk dan lainnya.

Gejala Alergi anak

Setelah anda mengetahui penyebabnya, kita harus tahu juga gejala alergi pada anak yang biasanya terjadi seperti berikut ini:

Rumah merah serta gatal-gatal pada kulit.
Kesulitan untuk bernafas.
Batuk, bersin, hidung berair, hingga mata yang sering gatal.
Perut mual.

Kompilasi Pada Bayi yang Disebabkan Oleh Alergi anak

1. Gangguan Pencernaan
Alergi yang terus menerus terjadi dan tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan penyusunan saraf pusatnya menurun atau terganggu. Karena itulah kita harus mencegah terjadinya Alergi anak, kalau bisa langsung ditangani dan jangan dianggap sepele.

2. Gangguan Otak
Gangguan otak ini bisa terjadi seperti keluhan sakit kepala yang terus berulang, gangguan tidur, terlambat bicara hingga gangguan prilaku.

3. Gangguan Pertumbuhan Fisik
Alergi ternyata juga bisa mengganggu sistem serta organ tubuh lain sehingga membuat tumbuh kembangnya anak terganggu. Gangguan yang sering muncul adalah kurang gizi, sehingga berat badan anak kurang dibandingkan anak seumuran nya yang normal.

Banyak anak yang terlambat penanganan alergi ini sehingga tubuh mereka terganggu pertumbuhan fisiknya. Padahal hal tersebut harusnya tidak terjadi, karena alergi tidak akan parah jika ditangani dengan baik dan benar.

Obat Alergi anak

Anda bisa menggunakan antihistamine yang biasanya digunakan untuk alergi anak, anda bisa membelinya di toko obat, apotek dan tempat-tempat lain yang menjualnya secara legal.
Menggunakan soda kue, atau obat pada air mandi yang bisa mengurangi rasa gatal akibat alergi pada anak.
Menyembuhkan alergi seperti batuk-batuk, flu yang terjadi pada anak, anda bisa menggunakan penyaring udara agar mereka bisa bernafas dengan lega.
Menyembuhkan sinus akibat alergi anak bisa dilakukan dengan terapi pernafasan menggunakan semangkuk air panas.
Jika anak mengalami alergi yang membuatnya diare, maka sajikan lah makanan yang kaya akan serat kompleks serta suplay cairan yang banyak. Buah pisang, apel dan buah berserat lain sangat direkomendasikan untuk anda.

Nah, itulah beberapa hal yang berkaitan dengan tanda-tanda alergi, gejala awal saat alergi hingga bagaimana cara mengatasinya. Sebaiknya anda yang mengetahui bahwa anak alergi langsung saja pergi ke dokter agar bisa diketahui.

Tidak ada salahnya untuk melihat seorang anak alergi terhadap apa secara langsung di awal agar bisa menghindarkan nya dari hal-hal yang tidak terduga, terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Alergi Anak, Kenali Penyebab, Gejala dan Obatnya Sekarang Juga!"

Post a Comment