Mengenal Apa Itu Minyak Goreng Sehat dan Apa Saja Jenisnya

Pernah mendengar istilah minyak goreng sehat?? Lalu, apakah minyak goreng yang selama ini kita gunakan tidak sehat? Eits… sebelum mengambil kesimpulan atas pertanyaan tadi, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu minyak goreng sehat dan bagaimana membedakan minyak goreng tidak sehat. Selain itu, kita juga perlu mengetahui apa saja jenis-jenis minyak goreng sehat. Siapa tahu, ini bisa jadi inspirasi bagi anda yang suka masak dan ingin menerapkan gaya hidup lebih sehat, terutama dalam hal penyajian makanan.

Yuk simak penjelasan lebih lengkapnya mengenai apa itu minyak goreng sehat!

Apa Itu Minyak Goreng Sehat

1.    Pengertian Minyak Goreng Sehat
Secara sederhana, minyak goreng sehat adalah minyak goreng yang terbuat dari bahan-bahan yang tidak berbahaya bagi tubuh sehingga aman dikonsumsi. Adapula yang menyebutkan bahwa minyak goreng sehat harus memiliki kadar lemak tidak jenuh yang tinggi (monounsaturated fat), lemak tidak jenuh merupakan lemak yang paling sehat dan aman untuk jantung.

2.    Mengenal Ciri-ciri Minyak Goreng Sehat
Rata-rata masyarakat Indonesia pasti menggunakan minyak goreng sebagai bahan untuk memasak, jadi tidak heran jika kebutuhan akan minyak goreng tidak pernah sepi. Mengetahui bagaimana tanda atau ciri-ciri minyak goreng yang sehat sangatlah perlu agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan tentu saja agar terhindar dari berbagai jenis penyakit. Berikut ini beberapa ciri minyak goreng sehat yang perlu diketahui!

    Menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan aman: Hal ini bisa dilihat dari keterangan komposisi pada produk minyak goreng serta adanya label BPOM dan halal
    Tidak mudah teroksidasi
    Memiliki titik didih yang tinggi
    Berwarna bening dan jernih
    Tidak Berbau
    Tidak mudah beku pada suhu ruangan
    Tingkat kekentalan menyerupai air, tidak terlalu kental dan lekat

Selain harus memperhatikan kondisi awal minyak goreng, dalam proses pemakaiannya juga perlu diperhatikan agar minyak goreng yang digunakan tetap sehat. Lakukan beberapa tips ini saat menggunakan minyak goreng.

-    Tuangkan minyak pada wajan secukupnya atau sesuai kebutuhan
-    Gunakan suhu yang cukup saat hendak menggoreng
-    Pastikan kondisi minyak goreng sudah mulai panas saat hendak menggoreng makanan
-    Pakai alas seperti kertas minyak untuk menyerap kadar minyak berlebih pada makanan
-    Hindari memakai minyak goreng bekas berulang kali, cukup gunakan minyak goreng bekas sampai 3x saja

3.    Jenis-jenis Minyak Goreng Sehat
•    Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang memang kaya akan manfaat ini, selain baik digunakan untuk perawatan tubuh, juga sangat bagus dikonsumsi, baik secara langsung ataupun dipakai untuk kebutuhan memasak. Beberapa kandungan dalam minyak zaitun yang bagus untuk kesehatan adalah omega-3 & 6, vitamin E, lemak tak jenuh, vitamin K.
 
•    Minyak Kacang
Penggunaan minyak kacang untuk keperluan memasak mungkin sangat jarang dilakukan oleh banyak orang karena selain cara mendapatkannya susah, rasanya yang agak pahit dirasa kurang cocok untuk dipakai seperti menggoreng atau menumis. Ada banyak mineral yag terdapat pada minyak kacang yaitu magnesium, zinc, potassium, selenium, vitamin E dan kaya akan antioksidan.

•    Minyak Wijen
Tidak hanya minyak goreng dari kelapa sawit, minyak wijen juga cukup populer digunakan untuk kebutuhan memasak, seperti untuk tumisan sayur atau dressing salad. Minyak ini memiliki rasa yang khas bahkan mampu memberikan rasa yang lebih nikmat pada setiap masakan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada minyak wijen mampu menurunkan risiko berbagai penyakit seperti kanker dan jantung.

Nah, sudah tahukan apa itu minyak goreng sehat dan apa saja jenis nya. Yuk, budayakan hidup sehat dan tularkan ke sekitar Anda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Apa Itu Minyak Goreng Sehat dan Apa Saja Jenisnya"

Post a Comment