3 Jenis Genset Yang Populer Dan Banyak Dipakai Untuk Rumah Tangga

Di negara kita, pemadaman listrik bukanlah suatu hal yang asing lagi bahkan bisa katakan lumrah terjadi. Entah saat berada di rumah, kantor atau tempat umum, pemadaman listrik bisa saja terjadi kapan dan dimana saja. Kejadian ini terkadang sangat merepotkan karena menyebabkan tidak dapat beroperasinya alat-alat elektronik seperti TV, AC, kipas angin, lampu, kulkas dan lainnya. Untunglah saat ini sudah ada genset yang bisa digunakan sebagai sumber listrik sementara.

Genset abcpowergenset

Menggunakan genset dirasa sebagai salah satu alternatif pilihan yang tepat ketika terjadi pemadaman listrik oleh PLN karena cukup mudah dalam pengoperasiannya serta beragam jenis genset yang banyak beredar sekarang turut memudahkan masyarakat memilih jenis atau tipe genset apa yang sesuai dengan kebutuhan.

Dari sekian banyak jenis dan tipe genset yang ada, berikut diantaranya yang banyak dicari dan gunakan oleh masyarakat umum.

1. Jenis Genset Diesel
Jenis genset yang pertama adalah genset diesel. Jenis ini merupakan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat ataupun pabrik perusahaan karena memiliki ragam kapasitas watt yang banyak, mulai dari yang berkapasitas watt kecil seperti 5000 watt hingga yang besar misalnya 2 MV. Harga genset diesel murah ataupun mahal tergantung dari kapasitas watt ini. Beberapa kegunaan serta kelebihan genset diesel yang perlu diketahui, diantaranya:

- Dapat Bertahan Lama: jika dibandingkan dengan jenis genset lain, genset diesel dinilai lebih mampu bertahan lama saat digunakan, terlebih jika dibandingkan dengan mesin gas. Hal ini disebabkan oleh desain mesin yang lebih baik.
- Mudah dalam perawatan: tidak seperti mesin gas yang memiliki komponen kabel busi, mesin genset diesel tidak menggunakan komponen ini sehingga lebih mudah dalam perawatan. Tidak perlu harus mengganti atau membersihkan bagian busi layaknya mesin yang menggunakan komponen ini.
- Dapat digunakan ketika keadaan darurat: khusus pada tempat dimana keadaan power suplainya tidak dapat diperkirakan, genset diesel dapat diandalkan. Misalnya saja di ruang kantor atau lainnya, suplai listrik dari mesin genset diesel tetap dapat dialirkan ketika terjadi pemadaman listrik, baik akibat bencana alam atau adanya kerusakan jaringan.

Jika tertarik ingin membeli genset jenis ini, anda bisa mendapatkan harga genset diesel murah dengan cara membeli dari produsennya langsung atau dari tangan pertama.

2. Jenis Genset Solar
Genset solar banyak dipakai oleh pihak penyelenggara acara seperti pameran atau acara musik yang seringkali diadakan di ruang terbuka. Genset jenis ini dinilai lebih ekonomis karena menggunakan bahan bakar solar. Hanya saja, kelemahan genset solar ialah asap yang dikeluarkan mesin ini setiap kali beroperasi, terkadang cukup mengganggu. Asap yang mengandung karbondioksida bisa jadi racun bagi yang menghirupnya, untuk mencegah dampak buruk dari zat ini, sebaiknya letakkan genset di luar ruangan.

3. Genset Gas
Dibandingkan dengan dua jenis genset sebelumnya, jenis genset gas memang terbilang baru namun saat ini sudah banyak yang menggunakannya, terutama pada rumah-rumah warga. Untuk mengoperasikannya, genset ini tentu memerlukan gas sebagai bahan pembangkit listrik. Gas yang diperoleh bisa dari gas bumi yang telah diolah seperti LPG dan CNG. Dari segi pemakaiannya, juga relatif mudah dan tidak ribet sehingga ketika listrik dari PLN mati, bisa dengan segera dinyalakan mesin genset gas.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Jenis Genset Yang Populer Dan Banyak Dipakai Untuk Rumah Tangga"

Post a Comment