Tips Hemat Membangun Rumah Impian Sederhana

Perkembangan dunia properti di Indonesia kini berkembang semakin pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya agen-agen properti yang menjual perumahan siap huni, kantor, ruko, bahkan apartemen. Sebagian orang ada yang lebih memilih membeli rumah siap huni, ada juga yang memilih tinggal di apartemen dibandingkan membangun rumah dari awal. Memang membangun rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apabila biaya pembangunan rumah terbilang cukup murah dan terjangkau, mungkin setiap orang pasti memiliki keinginan untuk membangun rumah. Lalu, bagaimana caranya membangun rumah dengan biaya yang murah namun tetap berkualitas? Berikut tips yang perlu Anda perhatikan untuk mendirikan bangunan dengan desain rumah sederhana yang sesuai dengan kantong Anda. Yuk disimak tips berikut ini!

Membangun Rumah Impian Sederhana

Menyiapkan rencana dengan matang

Keberhasilan dalam membangun rumah dengan desain rumah sederhana tentu membutuhkan perencanaan yang matang. Membangun rumah juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Anda bisa memulai perencanaan pembangunan rumah Anda dengan mempersiapkan dana, menetapkan ukuran bangunan, hingga target waktu pembangunan. Nah, gunakan perencanaan tersebut sebagai pedoman Anda dalam membangun rumah. Jika pada pelaksanaannya pembangunan rumah Anda tidak tempat waktu, biaya upah pekerja pun akan bertambah. Oleh karena itu, pilihlah penyedia jasa yang terpercaya dan bertanggungjawab.

Membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) 

Salah satu menyiapkan rencana dengan matang yaitu membuat RAB. Membuat sebuah rumah impian walaupun desain rumah sederhana tentu membutuhkan perhitungan yang tepat dan rinci. Dengan membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB), Anda bisa mengetahui seberapa besar biaya yang harus Anda keluarkan untuk membangun rumah impian Anda. Dalam RAB tersebut, Anda dapat memasukkan jenis pekerjaan, volume pekerjaan, harga bahan material, upah pekerja dan rincian lainnya dalam RAB tersebut. Sebelum melakukan proyek pembangunan rumah Anda, membuat RAB sangat penting untuk menekan biaya pembangunan rumah sehingga lebih murah dan terukur sesuai dengan budget serta keinginan Anda.

Gunakan Jasa Arstitek 

Jauhkan pandangan bahwa menyewa jasa arsitek mahal. Itu adalah kesalahan terbesar ketika Anda ingin membangun rumah impian. Arsitek memiliki peran penting guna untuk menggambar desain rumah sederhana Anda dan menetapkan fondasi yang kuat untuk bangunan Anda. Keberadaan arsitek jelas sangat membantu Anda khususnya untuk proses pembangunan rumah dan pengurusan IMB yang membutuhkan gambar arsitek itu sendiri. Anda bisa saja tidak menyewa jasa arsitek, namun jangan salahkan diri Anda jika terjadi kesalahan desain dan struktur ketika proses pembangunan rumah sedang berjalan. Hal ini akan membuat Anda mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Oleh karena itu, gunakan jasa arsitek agar proses pembangunan rumah Anda lebih efektif dan terjamin.

Mengurus IMB dan pajak bangunan

Sebagai warga negara yang tinggal di negara hukum, maka ketika Anda ingin melakukan pembangunan rumah. terlebih dahulu Anda harus mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan membayar Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT-PBB). Kedua dokumen tersebut merupakan hal wajib yang harus Anda penuhi sebelum mendirikan rumah. Dengan begitu legalitas rumah Anda terjamin di mata hukum. IMB berfungsi sebagai landasan yang sah untuk mendirikan bangunan rumah. Namun sebelum mengurus IMB, Anda harus menyertakan bukti pembayaran SPPT-PBB tahun berjalan. Anda harus membayar pajak untuk tanah yang Anda miliki. Jangan sepelekan dokumen yang satu ini, karena bisa jadi saat proses pembangunan rumah Anda akan terhenti karena tidak memiliki IMB atau tidak membayar pajak bangunan.

Gunakan sistem upah harian 

Sistem upah harian memiliki kelebihan dibanding sistem upah borongan. Hal ini berarti Anda membayar tukang yang dihitung berdasarkan satuan hari. Dengan begitu para tukang harus bekerja tanpa ada kesempatan menganggur. Jika pekerjaan tukang tidak memuaskan, Anda tidak perlu repot untuk menggantinya dengan yang baru. Menggunakan sistem upah harian berarti mengharuskan Anda untuk membeli bahan material sendiri. Hal ini akan jauh menghemat pengeluaran biaya pembangunan Anda jika dilakukan dengan baik. Sebaiknya, lakukanlah riset bahan bangunan terlebih dahulu. Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan mendapatkan bahan bangunan yang berkualitas dengan harga yang lebih murah. Selain itu, untuk lebih menghemat dalam belanja bahan bangunan, Anda dapat membeli bahan bangunan lokal. Merk lokal untuk bahan bangunan seperti besi, pasir, bata pun tidak kalah kualitasnya dengan merk luar negeri.

Itulah beberapa tips hemat untuk membangun rumah impian Anda. Mari ciptakan hunian idaman yang nyaman sesuai dengan keinginan Anda. Semoga informasi diatas dapat menginspirasi Anda!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Hemat Membangun Rumah Impian Sederhana "

Post a Comment