Memperbaiki Aki Kering Tekor Soak dan Mati

Cara memperbaiki aki type MF atau aki kering yang sudah tekor, soak bahkan telah mati sebenarnya masih bisa dilakukan sebagai alternative ketika belum dapat menyediakan penggantinya yang baru. Selain itu dengan ditemukannya metode perbaikan ini tentunya akan lebih efisien serta dapat memberikan pengalaman tentang bagaimana cara kerja sebuah aki kering.

Akhir akhir ini hampir semua produk otomotif khususnya sepeda motor selalu menggunakan aki MF sebagai sumber distribusi daya listrik DC karena hal ini terjadi seiring dengan perkembangan teknologi pengapian serta suplai bahan bakar yang sudah beralih dari model konfesional menjadi semi computer atau elektronik seperti pada motor matic injeksi.

Jenis aki kering (MF Battery – Maintenance Free) memang memiliki kelebihan yaitu 100% bebas perawatan tidak seperti model aki basah yang harus rutin memeriksa kondisi air aki serta harus berkala mengganti airnya bahkan menjaga kebersihan dan saluran buangnya supaya tidak memicu korosi sebab tumpahan air aki yang bersifat asam.

Aki MF juga memiliki performa yang cukup baik karena material intinya menggunakan separator khusus dan grid yang sangat tahan terhadap korosi. Dengan harga jual yang masih lebih mahal dibandingkan model aki basah, akan lebih baik jika anda belajar bagaimana cara memperbaiki aki kering sebagai solusinya ketika usia aki motor anda sudah mencapai waktu penggantian.

Tahap Tahap Memperbaiki Aki Kering

Memperbaiki Aki Kering Tekor Soak dan Mati

Berikut ini adalah langkah dan persiapan yang harus anda lakukan untuk memulai service aki kering yang tekor soak atau bahkan yang sudah mati total.

Perkakas dan bahan

Alat yang diperlukan tidaklah terlalu rumit dan bahan utamanya juga tergolong sangat murah untuk didapatkan. Berikut adalah daftar keperluan alat dan bahan yang harus dipersiapkan.


  • Cairan aki (zuur). Air aki ini adalah yang biasanya dipakai untuk pengisian aki baru. Karena type dan komposisi air zuur akan berbeda dengan air yang digunakan sebagai penambah biasa.
  • Sediakan mata obeng (-) ataupun alat sejenisnya yang dapat dipakai untuk mencukil atau membuka tutup aki kering yang biasanya dilekatkan dengan seal atau lem.
  • SPED atau suntikan yang sering dipakai untuk memasukkan tinta pada alat printer.
  • Sealent atau lem plastic bisa juga anda menggunakan lem tembak yang pasti untuk merekatkan kembali bagian penutup aki setelah diperbaiki nanti.
  • Jangan lupakan kain kering untuk menjaga kalau terjadi tumpahan air zuur dan untuk membersihkan body aki dari kotoran yang membandel.


Langkah perbaikan aki kering

Perkakas dan bahan sudah dipersiapkan kemudian memasuki tahap selanjutnya yaitu mulai untuk membongkar aki kering hingga sampai proses pengisian daya listriknya.


  • Bersihkan terlebih dahulu seluruh body aki kemudian buka penutup atas dengan mencukitnya. Karena dari pabrik biasanya di rekatkan sangat kuat agar tidak ada kebocoran, maka perlu dilakukan dengan hati hati jangan sampai bagian ini pecah.
  • Berikutnya jika anda jumpai tutup karet yang menyumbat lubang aki bisa anda buka dengan mudah kemudian siapkan air zuur yang sudah anda masukkan kedalam tabung suntikan lalu masukkan cairan hingga sebatas 1cm di bawah lubang aki.
  • Tutup kembali lubang dengan karet penutup aslinya pastikan tidak ada kebocoran atau bahkan sekedar merembas dengan cara membalik badan aki.
  • Tahap akhir adalah menutup kembali body aki seperti semula dan jangan lupa rekatkan dengan lem sampai benar benar aman dan tidak mudah terlepas.


Pengisian daya listrik aki (Charger)

Unit aki kering rekondisi sudah tampak sempurna dan untuh kemudian memasuki tahap selanjutnya adalah proses pengisian tegangan daya listrik (setrum aki) atau sama juga dengan pengecasan selayaknya baterai handphone.

Tahap ini bisa dilakukan langsung dengan memasang pada motor ataupun melalui mesin trafo charger (Charger Transformator) jika memang alatnya tersedia. Namun untuk hasil yang lebih baik memang seharusnya pengisian awal ini diberikan daya listrik secara direct sehingga tegangan dapat terisi lebih maksimal. Hal ini bisa dilakukan pada jasa atau tukang strum aki yang banyak tersedia di bengkel atau toko aki diseluruh daerah mulai kampung hingga perkotaan.

Untuk pengisian awal dengan memasang langsung pada motor, hendaknya mesin dinyalakan pada posisi stationer dalam rentang waktu mulai 30 menit hingga 1 jam karena kondisi aki yang benar benar kosong akan sedikit lebih lama untuk mencapai kapasitas daya yang cukup.

Jangan lupa memeriksa tegangan dengan menggunakan avo meter untuk memastikan apakah voltasenya dapat mencapai tegangan normal yaitu antara 11,5 hingga 12 atau 13volt DC.

Demikian tadi beberapa tahapan untuk memperbaiki aki kering motor yang tekor, soak dan mati. Meskipun daya tahan aki hasil dari upaya rekondisi tidak dapat maksimum seperti halnya aki baru, akan tetapi cara ini akan lebih bermanfaat daripada anda membiarkan kondisi aki yang sudah tekor tetap terpasang pada motor yang justru dapat memicu kerusakan perangkat kelistrikan lainnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Memperbaiki Aki Kering Tekor Soak dan Mati"

Post a Comment